Attention, Please! Read This! – by ShanShoo


sad girl in snow (2)

Hello, Guys.. balik lagi nih sama Isan dengan pengumuman yang mungkin terdengar ga penting buat kalian 😀 .. tapi ini amat penting aku sampaikan buat kalian 😦

Kali ini, aku mau membahas mengenai Plagiat.

Well, seperti yang udah kita ketahui semua. Kata Plagiat ga akan pernah hilang begitu saja dalam dunia maya. Baik itu dalam industri musik, film, sinetron, atau drama. Siapapun yang merasa jika karyanya diakui oleh orang lain yang disebut plagiat tadi, pasti ga terima. Terlebih kalo si plagiat ini ga cantumin credit atau sumber yang menunjukkan bahwa karya yang ia tunjukin adalah karya orang lain, bukan punya dia.

Bahkan, plagiat sudah sampai ke tahap yang paling ringan, yang ga banyak orang tau mengenai karya yang satu ini.

Fanfiction, fanfiksi, karya dari seorang fans, karya dari seseorang yang menyukai karangan fiksi, dengan berbagai cast idol atau artis manapun yang dia idolakan.

Mungkin untuk dunia K-popers, fanfiksi udah bukan hal yang aneh lagi. bahkan kebanyakan dari anak K-popers ini menyukai apa itu fanfiksi, terlebih fiksi yang dibuat oleh seorang author favoritnya.

Tapi ga menutup kemungkinan juga, sebagian besar orang-orang di dunia ini (apalagi nonK-popers) ga tau apa itu fanfiksi.

Hingga akhirnya, sebuah permasalahan plagiat muncul karena hal ini.

Ya, itu bener. Udah banyak plagiat yang nyuri fanfiksi orang lain, lalu mengklaim bahwa fiksi itu adalah karya dia yang sebenarnya. Bahkan biar mereka ga ketauan plagiat, mereka ubah para tokohnya menjadi beberapa tokoh yang ga kita ketahui. Hal itu membuat para nonK-popers merasa senang akan bacaan yang mereka dapat tanpa ada unsur Korea di dalamnya.

Maaf, mungkin aku udah terlalu banyak basa-basi di sini. Tapi sedikitnya, aku mau membeberkan beberapa hal di atas ke kalian semua yang lagi baca postingan ini.

Karena aku adalah korban plagiat juga.

Ampir semua karya fanfiksi aku dirampas gitu aja oleh seorang plagiat kelas kakap. Yang dengan entengnya COPAS dan MENGKLAIM bahwa fanfiksi aku adalah hasil karya dia sendiri. MURNI katanya!

Aku kaget pas tau hal ini. aku tahu dari salah seorang temen chat aku di BBM dan juga Facebook. Katanya, ada salah satu FF aku yang isinya sama dengan isi salah satu cerita yang diposting oleh salah satu membernya di grup Facebook yang berisi cerbung-cerpen, di grup itu, temen aku menjabat sebagai adminnya. Seketika amarah aku naik, tangan aku gemeter juga keringat dingin. Pengen banget aku teriak sekencang mungkin di depan tuh si plagiat. Tapi ga mungkin juga, kan?

Ini percakapan aku sama temen aku di BBM sebelum masuk ke inti permasalahan. (Temen : hijau, Isan : biru)

“Emmm… sori nih san mau nanya, serius, itu beneran cerita kamu? Kan soalnya di grup fb aku ada yg ngirim cerita itu.”

 

“Wah, iya gitu? Seriusan itumah bikinan aku :’(“

 

“Pen liat ih, capture juseyooo >.<”

 

“Iya serius ada yang ngirim, judulnya ganti jadi love in paris.”

 

“Apa nama grupnya?”

“Nama cewenya ganti jadi Novinta. Nama grupnya *******. Aku adminnya di situ. Kirain udah ijin gitu sama kamu orangnya. Rencananya mau hapus itu postingannya.”

 

“Masukin aku coba ke sana, jangan dulu dihapus, aku mau liat.”

Maaf aku ga ngasih tau nama grupnya (privasi) 🙂

Akhirnya, aku langsung cus/? Buka FB dan masuk ke grup itu. aku akhirnya scroll dan scroll terus sampai akhirnya aku nemu judul Love in Paris seperti yang udah disebutin temen aku. Aku buka ff itu dan… astagfirulloh… ITU BENERAN FANFIKSI AKU!!! ITU FANFIKSI LOVE IN ACCIDENT! FF KEBANGGAAN GUA! FF KESAYANGAN GUA! *hosh

Aku balik lagi ngechat temen aku di BM buat ngasih tau yang sebenarnya, dia tentu aja percaya sama aku, karna aku juga udah nyertain link ff yang aslinya.

Ga hanya FF itu aja, FF aku yang judulnya My Husband is My Enemy pun ga luput ia colong seenak jidat! Dan dia ganti judulnya jadi It’s You (Ayana and Hanzel). Yaps, di mana peran si cewe yang asalnya Park Eunhee, dia ganti jadi Ayana. Dan peran Sehun diganti jadi Hanzel. Kai jadi Riko, dan Joonmyeon jadi Rio. Aku bener-bener ga kuat liatnya!!!

Di situ, aku menangis sejadi-jadinya. Aku meraung-raung di kamar. Nangis, peluk guling erat-erat. Sakit sumpah! Rasanya sakit! Sakit banget pas tau kalo ff aku dirampas sama si plagiat kampungan kaya dia!

Kemudian aku putusin buat bikin postingan di wall grup, bilang bahwa semua ff yang dipublish sama si plagiat itu bukan asli milik dia. Tapi milik aku! Dia copas! Maling! Bangsat!

Masalah udah cukup reda sampe di situ, tapi hati aku masih saja ga tenang, masih sakit.

Ga lama, ada seseorang yang ngirim inbox di FB aku, katanya, ga Cuma dua ff itu aja yang diplagiatin sama si plagiat. Tapi banyak.

Yang aku inget sampe sekarang, si plagiat itu udah ngerampas MhiMe, LiA, Pervert Luhan, Pervert Chanyeol, Keyhole, Hold My Hand, Don’t Afraid, I’m Here…, Kai and Chocolate… dan…entahlah, aku ga tau apa masih ada lagi ff yang dia ambil di blog aku.

Mungkin salah satu dari kalian ada yang penasaran sama si biang keladi dari permasalahan ini.

Mau aku kasih tau?

Well, dan mungkin aja, temen2 di FB aku udah pada tau siapa pelakunya.

Tapi di sini, aku tetep bakal kasih tau ke kalian semua yang baru tau kejadian ini.

Namanya, Samuel Cristiano Umboh!

Ada fakta lain yang bener2 ngejutin aku juga. Dia adalah salah satu readers aku di FF MhiME. Dia yang paling sering nanyain kapan aku apdet ff itu, kapan aku lanjutin, kapan aku publish.. dll. Oh, mungkin ini salah satu taktiknya agar dia cepet ngambil FF aku dan posting ulang sama dia dengan cast berbeda.

HAHAHAHAHAHAHA!!!!!!!

Sandiwara macam apa ini? dia bener-bener busuk! Sampe sekarang, dia belum nunjukin keberadaannya di sosmed. Dan yang asalnya aku berteman sama dia di BM, dia DC aku. Begitupun di Twitter, dia menghilang tanpa jejak. Hanya satu sosmed tersisa yang bisa hubungin dia, akun facebooknya! Dan nama facebooknya nama dia sendiri yang aku kasih tau di atas.

Aku mulai kirim pesan FB ke dia pake emosi yang bener2 keluar. Semua bahasa ragunan aku lemparin buat dia. Aku maki dia. Aku jelekin dia. Aku ngatain dia itu ini. tapi apa? Dia ga respon sedikitpun! Wah…nyalinya bener2 ciut. HAHAHAHAH!!!!

Aku ngetik ini tuh sebenernya GEREGET BANGET! CUMA AKU GABISA NGUNGKAPINNYA DENGAN BENER, DAN TERKESAN KAYA AKU BERBOHONG DI SINI. TAPI SUMPAH, AKU GA BOONG. AKU EMANG KORBAN PLAGIATAN SI SAMUEL. DAN BUKAN AKU AJA YANG JADI KORBANNYA, MASIH BANYAK PARA AUTHOR TERBAIK DI BERBAGAI BLOGNYA YANG IA RAMPAS HAK MILIK KARYA FANFIKSINYA. BANGSAT KAN?

Maaf aku terlalu frontal dalam kata-kata. Tapi aku gatau harus bilang gimana lagi. aku gabisa mendem rasa kesel ini gitu aja 😥

Dari sini, rasa semangat aku buat nulis semakin menghilang. Semua imajinasi aku buat lanjutin ff LiA, MhiME dan FF terbaru aku, Believe, menghilang ga berbekas.

Aku mulai jatuh sakit. Kata mama, aku juga keliatan pucet. Pas ketauan mama, aku langsung curcol sama mama.

“Ma, ff kaka ada yang ngambil dan ngakuin kalo ff itu punya dia.”

 

“Yang bener Kak?”

 

“Iya ma,” aku nangis dipelukan mama, mama ngusap kepala aku. “Ampir semua ff aku dia ambil gitu aja. Mana pemainnya pada diganti juga. Rese banget! Tapi untungnya para pembaca aku ngebela aku, karena aku bener. Aku ga boong.”

 

“Itu tandanya, cerita kamu udah bagus Kak. Makanya ada orang yang berani plagiatin cerita kamu gitu aja.”

 

“Kalo mama tau orangnya siapa, mama mau ngapain?”

 

“Ya mau dinasehatin, lah! Kan keterlaluan banget kelakuannya.”

 

“Ma, aku mau berhenti nulis aja. Cape mah. Cape banget udah mikirin alur cerita selanjutnya ampe berbulan-bulan, dan pas aku dapet terus diposting, itu orang langsung posting juga.”

 

Mama malah ketawa denger aku bilang kaya gitu sambil nangis, “Kenapa berhenti? Lanjutin aja, toh mungkin orang itu ga bakal berani lagi ngambil cerita kamu. Bukannya dia udah diserang sama pembaca kamu?”

 

“Tapi kan siapa tau dia berulah lagi, mah. Malah semakin gencar.”

 

“Ngga kak. Coba percaya sama mama.”

 

“Tapi gimana kalo firasat aku bener?”

 

“Gini aja, kakak coba ngetik lagi aja. Lanjutin cerita kakak. Kalo dia ngambil lagi itu cerita, itu semua terserah kamu. Mau kamu lanjut ngetik atau ngga, mama dukung keputusan kamu.”

 

 

Entah kenapa, tiap denger nasihat mama, segalanya terasa bener. Bener apa yang dibilang mama, aku tetep harus lanjutin karya aku. Ga boleh nyerah gitu aja! Ga boleh lemah! Ga boleh cengeng meskipun kenyataannya hal ini bikin aku terpukul banget!

Tapi, setiap kali aku liat file ff LiA sama MHIME, dan seluruh file ff di lappy, rasanya gaada yang istimewa. Rasanya biasa aja. Malah terkesan membosankan! Gamau lanjutin!

Buat kalian yang menginginkan bukti kuat atas semua kejadian ini, yuk kita bandingkan di foto2 yang aku capture lewat ponsel.

  1. Foto yang kiri, cerita punya aku yang diplagiatin si Samuel, dia ganti judul jadi Pervert aja. Sedangkan versi aslinya Pervert Chanyeol! Liat aja di foto ini. keliatan banget plagiaristnya!

 Pervert (Original Pervert Chanyeol)Pervert Chanyeol (Original)

  1. Ini FF aku yang judul aslinya Pervert Luhan! Cuma si Samuel ganti judulnya jadi Make a Baby beserta para pemainnya. Yang udah pernah baca Pervert Luhan! Pasti masih inget gimana tulisan aku buat ff ini. couple yang aku bikin di FF ini Luhan-Alea. (Masih inget?)

 Make a Baby (Pervert Luhan Original)

  1. Foto yang kiri, cerita yang diplagiatin Samuel di ff aku yang judulnya Kai and Chocolate, dengan pairing Kai-Nayoung. Tapi dia ganti judul jadi Luhan and Chocolate dengan pairing Luhan-Vinny (iuwh!)

 Luhan and Chocolate (Original Kai and Chocolate)Kai and Chocolate (Original)

  1. Foto yang kiri, FF aku yang lain juga, yang diplagiatin si Samuel. Kalian masih inget “Life with Childish Boy?” dengan pairing Chanyeol-Hyerin Yang sempat aku kasih tau ke kalian bahwa aku GA BAKAL LANJUTIN ff ini karna mentok? Kalo belum baca, coba klik di sini! Isinya mengenai beberapa ff yang ga bakal aku lanjutin. Nah, si curut ini dengan otak kecilnya langsung copas nih ff, mungkin dia post ini ga lama setelah aku ngepost. Dan pairingnya adalah Shinta Naomi-(cowonya gatau siapa, lupa lagi. kalo ga salah sih Julian). Bener2 ya? bhaqq, kalo kek ginimah biar dia sendiri aja deh yang lanjutin. Guamah ga sanggup karna gada ide. Siapa tau dia punya ide banyak :’v

 Youre mine (Life with Childish Boy Original)Life with Childish Boy

  1. FF yang satu ini, original versionnya berjudul Hold My Hand, dengan pairing Baekhyun-Haneul (BaekHan couple). Tapi dia ganti judulnya jadi I Love You, pairingnya juga ganti. Gatau Shania sama siapa >.<

 I Love You (Hold My Hand Original)Hold My Hand (Original)

  1. Dan ini salah satu cuplikan FF Paris in Love hasil plagiatan Samuel dari FF original Love in Accident-First Chapter buatan aku. Pairing di ff LiA, Sehun-Eunhee. sedangkan pairing di Paris in Love ini Sehun-Novinta. Bener2! Liat, copasnya kurang teliti. Tuh nama Eunhee nyempil di sana. lupa diganti kali ya. hahaha

 Paris in Love (Original LiA)

Oke, Cuma segini bukti yang aku tunjukin ke kalian semua. Sebenarnya, masih banyak ff karya aku yang lain yang dia copas. Terlebih, maaf aku ga tunjukin bukti bahwa dia copas ff MHIME sama LiAnya. Aku ga kuat. Terlalu sakit. Sumpah! Apalagi tuh si Sam udah post ff It’s You a.k.a MHIMEnya sama kek postan di sini. Udah ampe chapter 11 😥

Anyway, itulah dunia maya, khususnya dunia fanfiksi. Penuh dengan plagiator dan juga siders. Mereka semakin merajalela. Coba kalo di dunia ini gaada yang namanya siders dan plagiat, udah damai mungkin. Gaada yang namanya keputusasaan, gaada yang namanya drop sampe mutusin buat berhentiin karya tulisnya. Miris kan? :’)

Maka dari itu, tolong kita saling menghargai satu sama lain. Penulis menghargai pembaca, dan begitupun sebaliknya. Ga susah kan? Ga ribet kan? Toh, kita mungkin ga akan ketemu karna jarak yang memisahkan. Tapi setidaknya dengan ada rasa menghargai dalam hati kecil masing-masing, jarak bukanlah tolak ukur buat membangun pertemanan :’)

Buat para penulis lainnya, kalian harus lebih berhati-hati dengan karya fanfiksi kalian dari sekarang. Bukannya mendoakan, Cuma aku takut plagiat tiba2 datang dan ancurin semuanya :’D

Oya, ini akun sosmednya yang plagiatin ff aku dan ff author yang lainnya. Twitter : @samuelcrisiana1 *klik aja beb namanya. (tapi guamah kaga bisa, diblokir euy sama orangnya), dan FB (Samuel Cristiano Umboh)

Tolong, siapapun, jika kalian menemukan lagi ada plagiat lain yang ngambil fanfiksi aku, atau si curut ini masih nekat lakuin kesalahannya, segera laporkan sama aku. Mau di kolom komentar ini, atau ke sosmed yang udah aku cantumin di “Contact me on” 🙂

Yuk, budayakan menghargai sesama manusia 😉

Dan untuk saat ini, aku ga bakal ngetik ff dulu. Soalnya aku bener2 ngedown.

Bye…

89 comments

  1. Hm…
    Holla~
    lagi apa nih? Lagi sedih? Tapi yang aku harapin kaka lagi ngetik ff. What? Samuel Ombeh? Eh salah, samuel umboh wadah? Eh samuel umboh? Soalnya aku liat dia di daftar RSJ. Hahahahaha, bercanda. Jangan buat dirimu tersiksa karena dia, dan kau harus membuat dia tersiksa karena mu! Fighting!

  2. Y ampunnn…. Krg ajar bgt sih tu org…
    Cwo pla tuh yg plagiat,,,, astagfirullah,,,
    Tobat lah kmu pmuda… Sblum ssuatu yg bruk mnimpamu suatu saat….

    Jlas bgt d gmbar tdi lw msih da Nma sooheeny…
    Isss bner” ktrlaluan bgt….
    Rsany lw orgny da dsni pngen q cekik tuh org… Udh buat dongsaeng q jdi sdih n down gni… Arrggghhhttt >:O >:O

    Aduhhh saeng… Sbar ya… Do’a kn ja smga dia tobat n mndpt blsanny….

    Mngkin jga tu cba’an buat saeng , biar saeng jdi s’org yg lbih kuat n tgar dlm mnhdapi mslah ,
    Lw mnrut q sih,, hehehe mnding d lnjut, tpi mngkin d protek ja saeng,, untk mncegah hal yg sma agr tdk trjdi lgi…
    Ywd lw saeng blm bsa mlnjutnknny,,, tpi q hrap saeng tdak brhnti brkarya…
    Ywd saeng tenangkan dri dlu… Pkirkan smua baik”, n jgn gegabah!!!

    Samngat y saeng!! Jgn ptus asa >̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡ ☺kε

  3. Sabar ya..
    itu tandanya kl cerita km bagus dan bisa d terima sama banyak readers..
    tp kl dia masih kaya gt ajak aja dia ktmuan..tanyain maunya apa hehe itu sih saran q..

  4. asli ga tau diri banget tuh orang.. minta di gebukin banyak banget lagi ff yang di plagiat gila tuh orang mukanya ditaro mana sii!!
    sabar ya thor semoga tuh orang bisa di buka pintu hatinya… biar ga plagiat mulu…
    dan di beri ganjarannya hahhaa..
    tetap semangat thor!!

  5. Astaga…

    Beneran baru tau!

    Aku liat tweet kak isan, nanyain ada yang kangen atau engak. Terus iseng aku liat bloknya. Siapa tau ada lanjutannya dari LIA, eh gak taunya ada postingan ini.

    Sumpah shok banget. Gila tu orang ! Terus dia bangga gitu ngeplagiati karya orang lain ? Yang sabar ya kak ! Semua bakal ada balesannya.

    Kalo yang kayak gitu jangan dipikirin, abaikan aja. Biar Tuhan yang bales kejahatan, lama atau enggak Tuhan pasti bertindak kok. Orang itu pasti dapet balasan karena udah berlaku jahat.

  6. Idih, itu plagiat gak pnya urat malu apa 😒 najong bgt org mah capek2 buat cerita nya lah dia dengan seenak udeel nya tinggal copas trs ngaku2 pnya dia lagi halah =_= gak sopan bgt! Aduh kak jgn berenti nulis atuh;'( nnti bakal kangen deh samaa ff kakak yg bagus2 itu hiks hiks 😭😭😭

  7. tetep semangat kak! samuel tai itu cuma iri sama kakak gara-gara ff-nya kakak keren! anggep aja dia fans fanatik kakak. emang sakit, cuma anggep aja ini sebagai pelajaran dalam hidup~!

    daripada plagiat, lebih ngenes nasib aku yang udah belajar namun tetap saja remidi *nangis*

    tetap berkarya ya, kak! HWAITING! SARANGHAE! *kisseu* *winkwink*

  8. ih teganya mrekaaaaa…. duh gtu kok bangga jd plagiat. ckckck. jahat ih tukang nyolong karya orang. isan jgn brhenti nulis ya… soalnya q suka bgt sma karya2mu. n hmpir smua ffmu q prnah baca smua…. ^^

  9. Yaampun pasti kak Isan kecewa banget dan langsung down. Pasti, udh mikir kelanjutannya sampe puyeng, diambil seenaknya sama oranglain. Sabar ya kak, karya kakak bagus-bagus kok. Semangat juga ya kak untuk seterusnya, karena readers tercinta bakalan terus ngedukung kakak. 🙂

    1. Iya. Down banget. Dan ff aku diplagiatin utk yang kedua kalinya sama orang yg berbeda pula. Ff my husband is my enemy, ff yang paling… paling… entahlah 😭😭😭😭😭

  10. Aku baru buka web ini dan langsung baca post ini rasanya ikutan sedih… tapi buat kakakm tetap semangat ya… namanya juga hidup pasti ada rintangan untuk mencapai kesuksesan. Ff kakak semuanya bagus, udah cocok kalo di terbitin jadi novel. Oh ya, semoga gk ada plagiator yang gentayangan di dunia maya lagi… dan tetap semangat menulis ya kak. FIGHTING!

  11. Permisi. Readers baruu thor…
    Kiraiin nih epep genre sad hurt. ..
    Kkkkkk yoweslah sy gak bisa ngomong banyak.. author YANG SEMANGAT!!!! emang di plagiatin itu gak enak banget maklum kl atuhor koar koar kayak gitu but… keep writting lah thor yakali bisa dibukuin semua epepnya udah ad bukti loh kl author itu jjang… mungkin dengan di plagiatin gini epep author bakal banyak yang baca ^^ (asal jan siders juga-_-) makin ke sebar maksudnya. Ad hikmahnya lah… tingkatin terus thorrrr aamiin dah author dijauhkan dr plagiters… … FIGHTING!!!!!.

  12. BUNUH AJA KAK…kkkkk 🙂 biar tau rasa, emang dia pikir buat ff gampang apa? Segampang dia kedipin mata gituhh? Syedih ya kaka, semangat yahhhh. Keep writing

  13. ya Allah kak…tuh plagiat pen aku tinju rasany kak!!! walau aku cm readers(yg sebenerny pen coba bikin ff), tpi aku ngerasa…kaya kakak gituh, ngeselin bgt pokokny!!!! lah, aku malah jadi marah” gini kn?
    omongan ortu emang bikin ngeuuh dah.
    hahaha, kurang teliti editny itu. masih nyempil nama “Eunhee”… aah, kampret y tuh plagiat!

  14. ya ampun.. turut berduka dehh atas ff kakak yang di copas orang… yang sabar aja.. tuh orang aslinya pen buat ff kalik.. cuman gak bisa aja makanya dehh plagiatin ff punya kakak… ehhh aku bukan siders loh kak btw.. bukan juga new riders… aku bahkan gak tau aku ini apa.. gak asing aja sama nama penanya kakak.. mungkin nemu di skf kali ya.. entahlah kak aku lupa.. udah coment2 belom.. atau udah pernah baca2 ff kakak belom… aku bener2 lupa.. jadi boleh deh aku dianggep aja readers baru.. kikiki yaudah deh kak yang sabar.. dan jan menyerah dong.. lanutkan menulis.. tunjukin ke dia walaupun dia itu plagiatin ff kakak gak akan pengaruh apa2 buat kakak.. tenang aja asli sama palsu itu dimana2 bagusan yang asli… lagian moga aja dia udah tobat.. ohh aku jg minta izin baca2 ff kakak disini yahh.. terimakasihhhh. 🙂 #maap komentnya udah kek pidato… hihihi

  15. Anyeong Kak Isaaan…
    Sedih bgt bacanyaa … Tega bgt sih main plagiat-plagiat gitu 😒.
    Sekarang udah gak ada yg kayak gitu lagi kan, Kak?
    Tetep semangat lanjutin FF nya, yaa…
    InsyaAllah, Aku usahain untuk gak jadi sider… Dan semoga Kakak gak bosen sama semua komen Alda 😁😉… Aku juga akan usahain, menjaga FF Kakak dari pada plagiator tak punya harga diri itu… 😊
    SEMANGAAAAT!!!

Tinggalkan Balasan

